Sabtu, 03 Maret 2012

MACAM-MACAM BINATANG

Giraffa camelopardalis) adalah mamalia yang merupakan hewan tertinggi yang hidup di darat. Jerapah jantan dapat mencapai tinggi 4,8 sampai 5,5 meter dan memiliki berat yang dapat mencapai 1.360 kilogram. Jerapah betina biasanya sedikit lebih pendek dan lebih ringan. Jerapah berkerabat dengan rusa dan sapi, tetapi dimasukkan dalam suku berbeda, yaitu Giraffidae, yang terdiri dari jerapah dan kerabat terdekatnya, okapi. Habitatnya membentang dari Chad sampai dengan Afrika Selatan.

[sunting] Merak Biru

Peacock front02 - melbourne zoo.jpg
2007/3
Peacock front02 - melbourne zoo.jpg
Merak Biru atau Merak India, yang dalam nama ilmiahnya Pavo cristatus adalah salah satu dari tiga spesies merak. Merak Biru mempunyai bulu berwarna biru gelap mengilap. Burung jantan dewasa berukuran besar, panjangnya dapat mencapai 230 cm, dengan penutup ekor yang sangat panjang berwarna hijau metalik. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak biru membentuk kipas. Populasi Merak Biru tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan Bhutan. Sebelumnya spesies ini ditemukan juga di Bangladesh, namun sekarang kemungkinan besar telah punah di sana.

[sunting] Burung Hantu

Strix-varia-005.jpg
2007/11
Strix-varia-005.jpg
Burung Hantu adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes. Burung ini termasuk golongan burung buas (karnivora, pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal). Seluruhnya, terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antarktika, sebagian besar Tanah Hijau, dan beberapa pulau-pulau terpencil. Di dunia barat, hewan ini dianggap simbol kebijaksanaan, tetapi di Indonesia dianggap pembawa pratanda maut.

[sunting] Ulat

Chenille chevrefeuille.jpg
2007/15
Chenille chevrefeuille.jpg
Ulat adalah bentuk larva dari spesies dalam ordo lepidoptera yang terdiri dari kupu-kupu dan ngengat. Kebanyakan adalah pemakan tumbuhan walaupun beberapa spesies merupakan pemakan serangga. Kebanyakan ulat dianggap sebagai hama dalam pertanian. Banyak spesies ngengat dikenal karena tahap ulatnya menyebabkan kerusakan pada buah dan produk pertanian lainnya.

[sunting] Perburuan paus

Whaling in the Faroe Islands.jpg
2007/16
Whaling in the Faroe Islands.jpg
Perburuan paus adalah kegiatan perburuan ikan paus yang sejarahnya sudah ada sejak tahun 6.000 SM. Perburuan paus telah berakibat kepada sedikitnya 5 dari 13 spesies paus raksasa berada dalam daftar spesies yang terancam. Kegiatan perburuan ikan paus secara internasional diatur oleh Komisi Perburuan Paus Internasional (International Whaling Commission). IWC dibentuk untuk mengatur agar tidak ada perburuan paus secara berlebihan.

[sunting] Kepik

Ladybird.jpg
2007/24
Ladybird.jpg
Coccinelida adalah sebuah keluarga kumbang, yang secara umum dikenal dengan "kepik", "kumbang tutul" atau ladybirds. Coccinelida ditemukan di seluruh belahan dunia dengan lebih dari 5.000 spesies yang telah ditemukan. 450 di antaranya adalah spesies asli Amerika Utara. Coccinelida adalah kumbang kecil berukuran dari 1 hingga 10 mm, berbentuk belahan bola, berwarna merah atau coklat, bergaris, berbintik-bintik hitam. Jentik dan kumbang yang dewasa makan kutu daun, uir-uir dan tungau.

[sunting] Bebek Mandarin

Mandarin.duck.arp.jpg
2007/25
Mandarin.duck.arp.jpg
Bebek Mandarin adalah bebek berukuran sedang yang memiliki kekerabatan dengan Bebek Kayu Amerika Utara. Bebek ini memiliki ukurang panjang 41-49 cm dan bentang sayap 65-75 cm. Sang jantan memiliki paruh berwarna merah dan pola bulan berwarna putih di atas mata. Datanya berwarna ungu dengan dua buah garis berwarna putih. Betina memiliki ciri yang mirip dengan betina bebek Kayu dengan cincin mata berwarna putih. Bebek Mandarin dalam bahasa Mandarin "Yuan-yang" (鸳鸯), sering diceritakan dalam berbagai seni Oriental dan merupakan simbol kesetiaan dalam hubungan pernikahan.

[sunting] Lepu

Pterois volitans Manado-e.jpg
2007/27
Pterois volitans Manado-e.jpg
Lepu adalah sekelompok spesies ikan laut yang beracun yang tergabung dalam genus Pterois, Parapterois, Brachypterois, Ebosia atau Dendrochirus dari keluarga Scorpaenidae. Lepu merupakan spesies predator dan dikenal karena durinya yang panjang dan memiliki warna merah, coklat, oranye, kuning, hitam atau putih berselang-seling.

[sunting] Capung

Aeshna cyanea female 1.jpg
2007/31
Aeshna cyanea female 1.jpg
Capung adalah serangga dari ordo Odonata, dan subordo Epiprocta. Capung memiliki karakteristik mata multifaset besar dan sepasang sayap besar transparan. Capung umumnya memakan serangga kecil seperti nyamuk, lalat, lebah dan kupu-kupu. Capung dapat ditemukan di sekitar danau, kolam atau tanah yang lembab karena larvanya berada di genangan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar